• Teori Out of Taiwan

    LATAR BELAKANG 

    Teori asal usul Nenek moyang Indonesia ini hampir serupa dengan teori sebelumnya. Teori out of Taiwan mengungkapkan bahwa asal usul Bangsa Indonesia adalah berasal dari kepulauan famosa atau wilayah Taiwan. Teori ini didukung oleh Tokoh yang bernama Harry Truman Simanjuntak. Harry Truman Simanjuntak lahir pada 2 Agustus 1951 dia merupakan seorang arkeolog pada bidang prasejarah. Dia terkenal karena telah mengabdi dalam berbagai penelitian arkeologi yang salah satunya merupakan penemuan lukisan cadas di Situs Arkeologi Gua Harimau. 

    Lalu ada beberapa bukti yang mendukung Teori out of Taiwan, yakni ; 

    1. Bahasa rumpun Austronesia Bahasa Austronesia adalah sebuah rumpun bahasa yang sangat luas penyebarannya di dunia. Penyebaran rumpun bahasa Austronesia mulai dari Taiwan, Hawaii, Selandia Baru, Madagaskar, hingga Pulau Paskah di negara Chile. bahasa Austronesia dengan kosakata asli terbanyak diantaranya adalah bahasa Jawa Kuno, bahasa Sunda Kuno, bahasa Bali, bahasa Jawa, dan bahasa Sunda. 

    2. Budaya Austronesia budaya Austronesia adalah budaya yang dikenal dan disebarkan oleh bangsa-bangsa yang menggunakan bahasa Austronesia di kawasan antara Madagaskar di belahan barat hingga Easter Island (di Pasifik) di belahan timur, serta Formosa di sebelah utara.

    Meski telah cukup banyak bukti-bukti yang mendukung teori tersebut, akan tetapi masih minim Tokoh yang mendukung Teori out of Taiwan 

    PERMASALAHAN

    Mengapa minimnya Tokoh yang mendukung Teori out of Taiwan bisa terjadi? 

    PEMBAHASAN

    Hal ini disebabkan oleh Teori out of Taiwan yang masih relatif baru dan masih dalam tahap penelitian dan pengembangan. Oleh karena itu, Belum banyak ahli yang terlibat dalam penelitian ini atau mengadopsi teori ini sebagai pandangan mereka.


    kelompok 7 kelas X6 

    1. Eneng Azqia

    2. Nida Afriani

    3. Muhammad Hendi

    4. Siti Suhartini

    5. Rival Wirawan

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Saya adalah Guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas, tertarik pada Kajian Sejarah, Teater dan Sastra serta ilmu-ilmu Humaniora