• Teori Out Of Taiwan

    *Latar belakang 

    Teori Out Of Taiwan adalah salah satu teori yang berasal dari Cina atau Taiwan, teori ini adalah salah satu teori dari beberapa teori lainnya, adalah teori Yunan, teori Nusantara, teori out of Africa dan salah satunya adalah teori out of Taiwan. 

    Teori out of Taiwan menyatakan bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan atau kepulauan fomosa. Tokoh pendukung teori out of Taiwan adalah : prof.dr.taufik abdulah, prof.dr.truman simanjuntak.Dr.slamet mulyana,Prof.Dr.koentjaraningrat,Dr.rustan Lee,Dr.peter bellwood,prof.martin Richards,prof Robert blust,prof.paul jen-kuei Li,Will heilm G.solhelm.dari banyaknya tokoh pendukung teori out of Taiwan ada 2 tokoh yang pendapatnya bersebrangan yaitu Dr.peter bellwood dan prof.martin Richard. 

    *Permasalahan Teori out of taiwan. 

    Bagaimana pendapat kedua tokoh tersebut? 

    *Pembahasan 

    Teori out of Taiwan. Profesor Peter Bellwood dan Profesor Martin Richards memiliki pandangan yang berbeda tentang bukti DNA dalam konteks asal-usul masyarakat Austronesia, khususnya terkait dengan teori "Out of Taiwan." 

    1. Profesor Peter Bellwood: Peter Bellwood adalah seorang ahli arkeologi yang mendukung teori "Out of Taiwan" sebagai penjelasan utama asal-usul masyarakat Austronesia. Dia menggabungkan bukti arkeologi, linguistik, dan genetik dalam argumennya. Bellwood berpendapat bahwa bukti genetik, termasuk analisis DNA mitokondrial (mtDNA) dan kromosom Y, mendukung hubungan antara masyarakat di Taiwan dan Asia Tenggara, yang mencerminkan migrasi dari Taiwan sebagai elemen kunci dalam penyebaran keluarga bahasa Austronesia. 

    2. Profesor Martin Richards: Martin Richards adalah seorang ahli genetika populasi yang mengembangkan analisis DNA mitokondrial (mtDNA) untuk memahami sejarah populasi manusia. Dia dan beberapa peneliti lainnya telah mempertanyakan ketidaksesuaian data genetik, terutama dalam analisis kromosom Y, dalam mendukung teori "Out of Taiwan." Mereka telah menyoroti perbedaan antara bukti genetik mtDNA yang menunjukkan hubungan antara masyarakat di Taiwan dan wilayah Asia Tenggara dengan kromosom Y yang mungkin menunjukkan ketidaksesuaian. 

    Pandangan ini mencerminkan keragaman pandangan di kalangan para ilmuwan dan peneliti tentang interpretasi data genetik dalam konteks sejarah manusia. Perdebatan antara ahli genetik seperti Martin Richards dan ahli sejarah seperti Peter Bellwood menggambarkan kerumitan penelitian dalam mencoba memahami asal-usul masyarakat Austronesia dan peran Taiwan dalam sejarah migrasi mereka. 


    Sumber : 

    kelas x7

    Ini tugas sejarah dari kelompok 3

    Nama kelompok

    1.siti Tiara

    2.alfa 

    3.bayu adha

    4.febri

    5.ripandi

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Saya adalah Guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas, tertarik pada Kajian Sejarah, Teater dan Sastra serta ilmu-ilmu Humaniora