• TEORI YUN'AN

     Latar belakang


     - TEORI YUN'AN

       mengungkapkan asal usul nenek moyang Indonesia berasal dari wilayah Tiongkok,tepatnya daerah Yun'an.nenek moyang bangsa Indonesia dipercaya telah meninggalkan wilayah Yunan di sekitar hulu sungai salween dan sungai mekong dengan memiliki tanah yang subur. diperkirakan karena bencana alam dan serangan suku bangsa lain maka mereka mulai bergerak untuk berpindah suku bangsa lain maka mereka mulai bergerak untuk pindah.


    - PENDAPAT

      menyatakan bahwa manusia purba di Indonesia atau nenek moyang bangsa ini berasal dari Yunan bagian China Selatan,teori ini berdasarkan adanya kesamaan artepak dan bahasa melayu yang berkembang di Nusantara serumpun Dengan bahasa yang ada di negara Kamboja.


    - TOKOH 

       para ahli yang sepakat dengan teori ini antara lain:

    J.R.Logon,R.H.Geldern, J.H.Ckern dan J.R. Fosfer 


    -BUKTI

     di temukan kapak tua di wilayah Nusantara yang memiliki ciri khas yang sama dengan kapak tua di wilayah Asia tenggara.penemuan tersebut menandakan adanya migrasi manusia di wilayah Asia tenggara ke kepulauan di Nusantara.akan tetapi teori Yun'an ini kurang akurat 


    permasalahan

     - IDENTIFIKASI MASALAH

      mengapa teori Yun'an ini kurang akurat?


    pembahasan

     - Karena teori ini masih sangat lemah dan kurang akurat berdasarkan pada bukti-bukti pada kesamaan secara fisik,penemuan benda bersejarah yang mirip,serta kebudayaan megalitikum.


    sumber : 


    kelompok 01

    1.Abdul matin

    2.Zikri mulayawan

     3.Meidina hendriyani

     4.Siti nurpadila

     5.M.sidqi maulidal

     6.Randiyansyah

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Saya adalah Guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas, tertarik pada Kajian Sejarah, Teater dan Sastra serta ilmu-ilmu Humaniora