• Teori Nusantara

    A. Latar Belakang

     Latar belakang kenapa kami mengambil judul "ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA BERDASARKAN TEORI NUSANTARA" karena manusia di ciptakan oleh Tuhan dalam kondisi yang berbeda-beda, baik dalam warna kulit, jenis rambut, ukuran tubuh, tingkat kecerdasan, kepercayaan, hasil budaya maupun dalam kebiasaan hidup. meskipun demikian perbedaan yang ada pada tiap-tiap manusia hendaknya di pandang sebagai sebuah kekayaan.perbedaan dapat menjadi warna tersendiri dalam kehidupan manusia perbedaan ini di karenakan suku-suku bangsa indonesia tidak memiliki nenek moyang yang sama. hingga saat ini teori-teori mengenai asal usul nenek moyang bangsa Indonesia masih sering di perdebatkan.

     

    Dari situlah kami membahas mengenai Teori Nusantara mengambil judul "ASAL USUL NENEK MOYANG BANGSA INDONESIA BERDASARKAN TEORI NUSANTARA" karena sampai saat ini asal usul nenek moyang bangsa indonesia belum jelas asalnya. Jadi menurut kami menarik untuk dibahas dalam pembahasan ini.


    Teori Nusantara adalah teori penyebaran manusia di Indonesia atau nusantara. Teori ini menyatakan bahwa asal mula manusia yang mendiami nusantara bukan dari luar tapi mereka sudah hidup dan berkembang di Nusantara itu sendiri. Teori ini didukung oleh para ilmuwan, seperti J. Crawford, K.Himly, Sutan Takdir Alisjahbana, dan Gorys Keraf. Namun, teori ini nampaknya kurang populer dan kurang banyak diterima masyarakat.


     B. Rumusan Masalah

    Mengapa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Nusantara?


    C. Pembahasan

    Bukti teori nusantara yang dikemukakan oleh Prof. Mohammad Yamin adalah penemuan artefak dan fosil di Indonesia lebih lengkap dan banyak dibandingkan dengan daerah lain di wilayah Asia. Misalnya fosil tengkorak manusia purba Homo sapiens dan Pithecanthropus seperti Pithecanthropus wajakensis dan Pithecanthropus soloensis yang hanya ditemukan di Indonesia.

    Sementara itu, Gorys Kraf meyakini bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia adalah dari orang di wilayah Indonesia sendiri karena melihat bahwa kebudayaan di nusantara lebih tinggi dibandingkan peradaban lain di wilayah sekitarnya. Oleh karena itu, Gorys Kraf menyimpulkan bahwa Indonesia menjadi induk dari peradaban di sekitarnya. 

    Kemudian, Sutan Takdir Alisjahbana mengungkapkan bahwa asal usul nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari melayu karena rumpun bahasanya yang sama. 

    D. Daftar Pustaka


    WAWASAN BUDAYA NUSANTARA - sipadu isi

    https://sipadu.isi-ska.ac.id/mhsw/laporan/laporan_3464150907091138.pdf


    Aris, Teori Asal Usul Nenek Moyang Bangsa Ioindonesia 

    https://www.scribd.com/document/539965502/4-Teori-Asal-Usul-Nenek-Moyang-Bangsa-Indo


    Kelompok 2 :

    1. Kezsya Sofwa Salsabila

    2. Cahaya Pratiwi

    3. Nofa Andrian Putra

    4. Siti Nabila Safitri

    5. Muhammad Ramdani

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Saya adalah Guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas, tertarik pada Kajian Sejarah, Teater dan Sastra serta ilmu-ilmu Humaniora