• Teori Aut Of Afrika

    Latar belakang

         Mengutip dari buku Sejarah Indonesia SMA/MA Kelas 10 karya Windriati, sekitar 50.000 sampai 70.000 tahun lalu, Bumi sedang memasuki akhir dari zaman glasial. Hal ini membentuk permukaan air laut yang cenderung dangkal karena air masih berbentuk gletser. Waktu terus berlalu, perubahan alam karena iklim dan geografi juga populasi yang terus bertambah sehingga mendorong mereka untuk mencari wilayah hunian baru.


    sudah sejak 135.000 tahun yang lalu, Afrika tropis mengalami kekeringan sehingga mendorong manusia dari daratan menuju pantai laut. Pada kondisi tersebut, sangat memungkinkan manusia untuk menyebrangi lautan hanya dengan menggunakan perahu sederhana.


    Rumusan masalah

        Bagiamana asal usul manusia menurut teori aout of Afrika . 


    Pembahasan

         Teori ini dikenal dengan teori Out of Africa. Teori Out of Africa menyebut Homo sapiens pertama muncul di benua Afrika. Mereka kemudian menyebar ke seluruh dunia antara 200.000 hingga 100.000 tahun lalu. Menurut teori Out of Africa, semua manusia modern yang hidup saat ini berasal dari Afrika.

     Maka dari itu, berdasarkan teori ini, nenek moyang bangsa Indonesia bisa dikatakan bahwa asalnya dari Afrika karena manusia purba di zaman itu melakukan imigrasi dari Afrika menuju ke Asia dan Australia. Manusia purba yang melakukan migrasi bertujuan untuk mencari tempat baru untuk mempertahankan keturunannya.


    kelompok 8 kelas X.3

    Nama anggota

    - Sri Dwi Damayanti

    - Rivana Agustin

    - Intan Chusnul Chotimah

    - M. Zaki Ilham

    - M. Cahya Firmansyah

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Saya adalah Guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas, tertarik pada Kajian Sejarah, Teater dan Sastra serta ilmu-ilmu Humaniora