• Perlawanan Rakyat Maluku Terhadap Portugis

     Perlawanan rakyat Maluku yang pertama adalah melawan portugis. Bangsa ini tiba dikerajaan Ternate sekitar 1513 untuk menjalin kerja sama dagang sayang- nya, bangsa portugis mulai memperlihatkan kelicikan dan peng khianatan untuk memonopoli perdagangan. Hal ini kemudian membuat para pemimpin Maluku marah dan mengajak seluruh rakyatnya berperang melawan portugis.

    Perlawanan rakyat Maluku terhadap portugis dipimpin  oleh sultan Baabullah pada tahun 1571 pasukannya berhasil mengusir portugis dari Ambon dan empat tahun kemudian, portugis menghilang selamanya dari maluku.

    Sayangnya, rakyat Maluku belum bisa bernafas lega. Setelah portugis, mereka kembali dihadapkan dengan penjajah. Maluku harus melawan penindasan dari voc. perusahaan. dagang milik belanda, lakyat Maluku ingin mengusir Belanda karena praktik Monopol dan sistem pelayaran Hongi yang membuat rakyat Maluku sengsara.

  • You might also like

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Saya adalah Guru Sejarah di Sekolah Menengah Atas, tertarik pada Kajian Sejarah, Teater dan Sastra serta ilmu-ilmu Humaniora